Foto bersama pejabat Diskoumnaker dari peserta pelatihan

Untuk menanamkan jiwa kewirausahaan yang pertama dan utama kita harus mempunyai niat yang kuat dalam menjalankan usaha atau berusaha, dismaping itu kita harus mempunyai semangat, kemauan untuk berkarya terutama dalam bidang ekonomi dan mempunyai sifat mandiri, mampu membuat keputusan yang tepat dan berani mengambil resiko, aktif dan dinamis, kreatif, inovatif dan komunikatif, tekun, teliti dan produktif, berkarya dengan semangat kebersamaan dengan memperkuat usaha dengan administrasi dan manajemen dan etika bisnis yang sehat, maka Diskoumonaker telah memberikan Pelatihan Kewirausahaan yang di ikuti 100 orang Kamis (25/4/2019) di Hotel Ayola Sunrise Mojokerto.

Contoh produk usaha

Hariyanto, SE Kepala Dinas Koperasi, Usaha Mikro dan Tenaga Kerja Kota Mojokerto dalam acara Pembukaan Pelatihan Kewirausahaan yang didampingi Kabid dan Narasumber,menjelaskan bahwa sebagai Pengusaha kita harus benar-benar dapat memperhatikan tentang permintaan pasar, karena ini akan membawa pengaruh terhadap perkembangan-perkembangan yang akan dihadapi, sebagai pengusaha kita harus dapat meningkatkan kemampuan dalam mengelola usaha kita, baik mengenai pembukuan, mutu usaha, pemasaran dan inovasi-inovasi baru. Sebagai Pengusaha pasti ingin maju dalam usahanya, untuk itu perlu adanya modal yang besar pula, dan untuk mendapatkan modal tambahan baik dari pusat, provinsi maupun kota-kota, perlu adanya legalitas usaha atau yang disebut sertifikat jika Pengusaha sudah mengantongi sertifikat akan dapat dengan mudah memperoleh modal yang telah disediakan baik dari pusat maupun provinsi salah satu syaratnya adalah mempunyai sertifikat, selain itu harus membuat proposal. Dalam hal pembuatan proposal akan difasilitasi/dibantu oleh Dinas, jika sudah mendapatkan bantuan pimpinan, pengusaha wajib mengembalikan. Diskoumonaker akan membantu dalam pemasaran untuk mendapatkan modal usaha, ada dana bergulir dari provinsi, dengan nominal bervariasi dari 100 juta s/d 300 juta dengan bunga 6% pertahun. Hariyanto berharap bagi Pengusaha yang usahanya sama jangan sampai perang harga.

Menurut Basuki Rahmanto, SH, MM Kabid Usaha Mikro dan Tenaga Kerja maksud dan tujuan dilaksanakan kegiatan untuk meningkatkan jumlah wirausaha yang berkualitas, meningkatkan dan menumbuhkan perekonomian dalam berusaha, membangkitkan semangat dalam berusaha, untuk mendapatkan peluang yang menghasilkan. Dalam kegiatan ini menghadirkan nara sumber H. Abdul Rachman SE, MM dari CV Solusi Holistik, dan Dr. David Sukardi Kopdrat MM, CPM Dekan Universitas Ciputra.(Sef/yuk).

 

Print Friendly, PDF & Email