Pembukaan Diseminasi Hasil Penelitian tentang Strategi PUSYAR (Pembiayaan Usaha Syariah) dalam Membantu Pembiayaan dan Pengembangan UKM di Kota Mojokerto

Pembiayaan Usaha Syariah (PUSYAR) merupakan sebuah program pembiayaan modal kepada Pelaku Usaha Kecil Menengah (UKM) dan Industri Kecil Menengah (IKM) oleh Bank Perkriditan Rakyat Syariah (BPRS) Kota Mojokerto dengan Sistem Akad Murobahah. Sedangkan beban biaya margin, administrasi dan asuransinya ditanggung oleh Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS) Kota Mojokerto dengan menggunakan dana infaq. Sehingga masyarakat dapat meminjam dana di BPRS melalui Program PUSYAR dengan tanpa bunga. Program tersebut menyasar UKM dengan syarat jumlah aset usaha yang mengajukan pinjaman berada di bawah 250 juta.

Pembangunan di bidang pemberdayaan ekonomi masyarakat melalui PUSYAR ini adalah merupakan inovasi Pemerintah Kota Mojokerto yang awalnya berangkat dari keprihatinan umum atas Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) yang selalu dirundung kesulitan dalam mendapatkan modal tambahan, dan tidak pernah mendapat perhatian sebagai nasabah perkriditan oleh perbankan. Hal ini semakin diperparah dengan adanya “Bank Clurut” atau Rentenir yang sering menawarkan pinjaman kepada UMKM. Melalui diskusi dengan para “Alim ‘Ulama”, Pemerintah Kota Mojokerto menghasilkan pemikiran bahwa BAZ Kota Mojokerto yang selama ini bergerak di perlindungan sosial akan dikembangkan untuk membangun semangat berwira usaha dan mengatasi permasalahan yang ada pada Usaha Kecil Menengah (UKM). Sehingga akhirnya Pemerintah Kota Mojokerto mengambil suatu kebijakan mempergunakan dana BAZ Kota Mojokerto untuk mengatasi permodalan Usaha Kecil Menengah (UKM) dan Industri Kecil Menengah (IKM) di Kota Mojokerto dengan Usaha Syariah (PUSYAR) dalam membantu pengembangan Usaha Kecil Menengah (UKM) di Kota Mojokerto. Yang dilaksanakan Senin (22/4/2019) di Aula Balitbang yang di ikuti oleh 50 orang.

Pramudya Resmana, S.STP, M.Si Kabid Pengembangan dan Inovasi Daerah Balitbang Kota Mojokerto memberikan sambutan

Pramudya Resmana, S.STP, M.Si Kabid Pengembangan dan Inovasi Daerah Balitbang Kota Mojokerto dalam sambutan pengarahan pada Pembukaan Diseminasi Hasil Penelitian tentang Strategi PUSYAR (Pembiayaan Usaha Syariah) dalam Membantu Pembiayaan dan Pengembangan UKM di Kota Mojokerto, mengatakan bahwa PUSYAR merupakan Program Pemerintah yang harus di dokumen agar dapat dibuktikan. Dalam kajian/penelitian Pemerintah Kota Mojokerto harus mempunyai dokumen tentang program PUSYAR dan diharapkan para peserta dapat memberikan masukan program ini apakah masih cocok dengan perkembangan saat ini masih terkendala masalah pemasaran, untuk bantuan modal sekarang sudah banyak OPD yang bisa memberikan bantuan modal dengan bunga yang sangat rendah, tapi masalah pemasaran masih menjadi kendala, untuk pembinaan saat ini pemerintah sudah banyak melaksanakannya, baik penyuluhan maupun pelatihan-pelatihan. Untuk pemasaran/promosi perlu dipertajam, sebagaimana Program Walikota Mojokerto untuk memanfaatkan GMSC sebagai ruang pameran dari produk UKM Kota Mojokerto, karena saat ini belum ada ruang pameran yang presentatif untuk menerima tamu yang berkunjung ke Kota Mojokerto.

Print Friendly, PDF & Email