Kepala Badan Kesatuan Bangsa dan Politik Kota Mojokerto, Anang Fahruroji, S.Sos. M.Si, bersama Ipda Eko Srijono, SH Polres Mojokerto Kota didampingi Dwi Fendi Dadang A, Spd, MT Kepala Sekolah SMKN 1 Kota MOjokerto Dra. Prapti Widodo, Mpd, MM, memberi pembekalan

Kepala Badan Kesatuan Bangsa dan Politik Kota Mojokerto, Anang Fahruroji, S.Sos. M.Si, bersama Ipda Eko Srijono, SH Polres Mojokerto Kota didampingi Dwi Fendi Dadang A, Spd, MT Kepala Sekolah SMKN 1 Kota MOjokerto Dra. Prapti Widodo, Mpd, MM, memberi pembekalan deteksi dini untuk siswa sekolah SMKN 1 Kota Mojokerto, Kamis (11/04/2019) bertempat di Aula Sekolah SMKN 1 Kota Mojokerto.

Sepenggal ucapan Bung Karno yang dilontarkan Anang Fahruroji ketika memberi pembekalan siswa, .Menurut Anang  pesan yang disampaikan Presiden RI pertama tersebut merupakan pesan yang sangat mendalam bagi generasi muda.Sebagai pemuda harus berani menjaga persatuan dan kesatuan Negara Republik Indonesia dan melawan segala bentuk pemecah belah persatuan. Sebagai pemuda harus berani mengubah dunia, demikian juga pelajar SMKN 1 harus bisa dan berani mengubah Kota Mojokerto dengan belajar seperti dalam  Al Qur’an memandang belajar sebagai hal yang sangat penting dalam kehidupan manusia.

Siswa-siswi SMKN 1 sebagai peserta pembekalan

Anang menambahkan 4 pilar kebangsaan Indonesia, seperti Pancasila, Bhineka Tunggal Ika, Undang – Undang Dasar 1945, Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI). Pilar – pilar ini mulailah bagi tegak kokoh berdirinya negara-bangsa Indonesia yakni dengan Dasar Negara Pancasila. Dalam memaknai dasar Negara Pancasila, para siswa  tersebut diharapkan  bisa mengamalkan nilai-nilai Pancasila ke dalam kehidupan sehari-hari.

“Pancasila itu  pedoman hidup orang Indonesia. Misalnya, pada sila pertama Ketuhanan yang Maha Esa, berarti kita harus berpedoman kepada agama, namun tetap saling menghargai agama lain,”. Untuk menumbuhkan cinta tanah air seorang siswi menyanyikan sebuah lagu tanah airku, Kepala Bakesbangpol tidak segan-segan menyediakan   sebuah amplop untuk hadiah bagi siswa yang berani tampil.

Ipda Eko Srijono, SH Polres Mojokerto Kota. memberikan materi

Pada akhir sambutan Anang berharap kepada siswa sebagai pemilih pemula juga diberikan pemahaman yang benar mengenai apa itu pemilu dan manfaatnya. Mereka juga didorong untuk menggunakan hak pilihnya agar tidak golput dan menjadi pemilih cerdas.“Setidaknya calon Presiden dan Wakil Presiden dan  caleg-caleg yang ada pasti ada yang terbaik, itulah yang harus dipilih,” katanya.

Dalam acara pembekalan tersebut   siswa juga mendapatkan  materi hoax dan antisipasi hate speech  yang disammpaikan oleh Ipda Eko Srijono, SH Polres Mojokerto Kota. Menurut Eko  siswa jangan sampai tertipu oleh berita hoax(yuk).

Print Friendly, PDF & Email