Kepala Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian (DKPP) Kota Mojokerto Drs. R. Happy Dwi Prasetyawan, M.Si, membuka acara Bimbingan Tehnis Optimalisasi Pemanfaatan Lahan Pekarangan

MOJOKERTO – GEMA MEDIA : Selasa,  9 April  2019 bertempat di ruang pertemua aula DKPP Kota Mojokerto   Kepala Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian (DKPP) Kota Mojokerto Drs. R. Happy Dwi Prasetyawan, M.Si, membuka acara Bimbingan Tehnis Optimalisasi Pemanfaatan Lahan Pekarangan dengan konsep Kawasan Rumah Pangan Lestari (KRPL) sekaligus menyerahkan bantuan sarana prasarana penunjang didampingi Sri Asih, S.Sos, MM, Kepala Bidang Ketahanan Pangan.

Menurut Sri Asih, kegiatan Bimbingan Tehnis Optimalisasi Pemanfaatan Lahan Pekarangan dengan konsep KRPL dilaksanakan selama 3 (tiga) hari, mulai hari Selasa tanggal  9 sd..hari kamis tanggal 11 April 2019 bertempat di ruang DKPP, diikuti 90 (Sembilan puluh) orang berasal dari Kelurahan Gedongan, Kelurahan Kedundung dan Kelurahan Wates masing-masing Kelurahan 30 orang.

R. Happy menyerahkan secara simbolis bantuan sarana prasarana penunjang kepada salah satu peserta.

Tujuan digelarnya Bimtek agar terbentuk kawasan / kampong sayur yang sehat dan indah. Masyarakat dapat memanfaatkan hasil tanaman guna memenuhi kebutuhan penaganekaragaman  konsumsi pangan yang sehat sehingga berdampak pada peningkatan gizi keluarga serta dapat menumbuhkan jiwa wirausaha yang kreatif dan inovatif.

Selain itu kegiatan ini juga bertujuan untuk meningkatkan pemanfaatan pekarangan dan lahan sempit seperti di Kota Mojokerto untuk ditanamai bahan pangan keluarga, mendukung penyediaan bahan pangan dan pemenuhan sumber gizi keluarga secara swadaya dan menciptakan usaha ekonomi produktif untuk meningkatkan pendapatan keluarga sekaligus menjaga dan memelihara kelestarian lingkungan.

Kepala Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian (DKPP) Kota Mojokerto Drs. R. Happy Dwi Prasetyawan, M.Si, ketika membuka acara dalam sambutannya mengatakan bahwa seperti yang telah diamanahkan dalam Undang-undang No. 18 tahun 2012 tentang pangan yakni Negara berkewajiban mewujudkan ketersediaan, keterjangkauan dan pemenuhan pangan yang cukup, bermutu, bergizi, seimbang dan aman (B2SA) baik ditingkat nasional maupun ditingkat daerah.

Sekretaris DKPP menyerahkan bantuan bibit sayur

Sementara  lahan pertanian di Kota Mojokerto semakin lama semakin berkurang akibat banyaknya Alih fungsi lahan, sehingga ketersediaan bahan pangan sangat kurang. Kota Mojokerto hanya bisa menyediakan sekitar 25 sampai dengan 35 % sisanya dipenuhi dari luar. Untuk mencukupi kekurangan tersebut DKPP dibawah pimpinannya menciptakan pertanian perkotaan dengan konsep KRPL. Dengan program KRPL saya berharap di Kota Mojokerto dapat terpenuhi kebutuhan pangan yang bermutu bergizi seimbang dan aman (B2SA). Dengan mengjkonsumsi tanaman pangan yang sehat masyarakat Kota Mojokerto insyaAlloh akan sehat dan terhindar dari kekurangan gizi/stunting.Happy menambahkan kegiatan ini disamping untuk menciptakan lingkungan hijau yang sangat bermanfaat bagi manusia untuk menghirup udara yang segar karena banyak oksigen yang dibutuhkan oleh manusia, juga untuk pemenuhan kebutuhan konsumsi gizi keluarga serta dapat meningkatkan pendapatan keluarga jika dikelola dengan jumlah partai yang besar.

Print Friendly, PDF & Email