Pembukaan Sosialisasi Jaringan Gas Bumi Kota Mojokerto

Gas bumi sangat penting untuk kehidupan manusia, karena banyak sekali manfaatnya, baik digunakan untuk rumah tangga maupun industri. Di Kota Mojokerto telah terpasang sebanyak 5000 (lima ribu) rumah tangga yang telah menggunakan jaringan gas bumi, sejak tahun 2017, dan pada tahun 2018 baru bisa digunakan meskipun belum ditetapkan tarifnya. Baru pada tanggal 29 Oktober 2018 ditetapkan tarifnya oleh Badan Pengatur Hilir Migas dan Gas Bumi Republik Indonesia tentang harga jual gas bumi melalui pipa untuk konsumen rumah tangga dan pelanggan kecil.

Sekretaris Daerah Kota Mojokerto Harlistyati, SH, M.Si membuka acara

Hal tersebut disampaikan Sekretaris Daerah Kota Mojokerto Harlistyati, SH, M.Si dalam sambutan Pembukaan Sosialisasi Jaringan Gas Bumi Kota Mojokerto, Rabu (20/3/2019) di Gedung Graha Praja Wijaya. Dikatakan pula bahwa saat ini gas bumi menjadi sumber energi alternatif yang banyak digunakan oleh masyarakat dunia untuk berbagai keperluan, baik untuk perumahan, komersial maupun industri. Dari tahun ke tahun penggunaan gas bumi selalu meningkat. Hal ini karena banyaknya keuntungan yang didapat dari penggunaan gas bumi dibanding dengan sumber energi lain, energi yang dihasilkan oleh gas alam lebih efisien. Pembangunan jaringan gas bumi untuk rumah tangga merupakan salah satu program pemerintah untuk meningkatkan pemanfaatan gas bumi dan menekan subsidi BBM serta mendorong penggunaan energi yang lebih bersih. Jaringan gas bumi tersebut merupakan bukti dan komitmen pemerintah untuk mendukung percepatan konversi energi ke gas bumi. Pembangunan jaringan distribusi gas bumi untuk rumah tangga merupakan salah satu program prioritas nasional dalam rangka penyediaan infrastruktur gas kota. Gas bumi sebagai salah satu sumber energi alternatif perlu semakin ditingkatkan penggunaannya karena mengurangi ketergantungan penyediaan di dalam negeri terhadap bahan bakar minyak.  Harlis berharap kepada peserta sosialisasi ini dapat menjelaskan kembali kepada warga pengguna jaringan gas bumi (jargas), dan semoga sosialisasi ini dapat memberikan manfaat bagi kita semua.

peserta sosialisasi

Menurut Dra. Sumarmi Astuti Kabag Perekonomian Setda Kota Mojokerto tujuan dilaksanakan sosialisasi agar masyarakat pengguna jargas dapat mengetahui tentang penetapan harga untuk pelanggan, dan terwujudnya kesadaran masyarakat akan pentingnya gas bumi utamanya untuk rumah tangga, kebutuhan gas rumah tangga sangat besar dalam kehidupan sehari-hari untuk alat rumah tangga. Kegiatan di ikuti 100 (seratus) orang, terdiri dari 5 Kelurahan (Kelurahan Surodinawan, Kelurahan Prajuritkulon, Kelurahan Mentikan, Kelurahan Kauman dan Kelurahan Miji), dengan Narasumber : Endang Rahayu dari PT. Perusahaan Gas Negara Wilayah Sidoarjo, dalam materinya menjelaskan tentang Penetapan Harga & Mekanisme Pembayaran, diantaranya : Penetapan Harga Gas Pelanggan Jaringan Gas Rumah Tangga Kota Mojokerto ; Hargas ditetapkan Pemerintah pada Bulan November 2018, Ketetapan Harga untuk Pelanggan RT1 : Rp. 4.250/m3, Ketetapan Harga untuk Pelanggan RT2 : Rp. 6.000/m3. (Sef/yuk).

Print Friendly, PDF & Email