Kepala Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian (DKPP) Kota Mojokerto Drs. R. Happy Dwi Prasetyawan, M.Si, membuka pelatihan

MOJOKERTO – GEMA MEDIA : Rabu, 20 Maret dan Kamis, 21 Maret  2019   Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian (DKPP) Kota Mojokerto menggelar acara Pelatihan Olahan Dengan Bahan Dasar Daun Kelor , bertempat ruang pertemuan  DKPP, Jalan Suromulang Kelurahan Surodinawan Kecamatan Prajurit Kulon.   acara tersebut digelar untuk mewujudkan wirausaha yang mandiri dan sejahtera. Dalam Pelatihan tersebut DKPP menggandeng Lembaga Pendidikan dan Pelatihan Kerja (LPPK)  “ Rieny “ dari Kabupaten Kediri.

Acara dibuka Kepala Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian (DKPP) Kota Mojokerto Drs. R. Happy Dwi Prasetyawan, M.Si, dalam sambutannya mengatakan  Upaya Pemerintah Kota Mojokerto dalam   mewujudkan penganekaragaman konsumsi pangan untuk memenuhi gizi masyarakat sesuai dengan potensi dan kearifan local untuk  mewujudkan hidup sehat, aktif dan produktif. salah satunya dengan memberikan pelatihan dan ketrampilan bagi masyarakat Kelurahan Purlorejo. Karena Kelurahan Pulorejo sebagai Kelurahan Percontohan dalam budidaya kelor. Hal tersebut dimaksudkan agar masyarakat dapat berdaya, mandiri dan sejahtera,mengerti manfaat kandungan gizi dari daun kelor, serta tata cara perawatan dan pengolahannya.

Sri Asih, S.Sos, MM, Kepala Bidang Ketahanan Pangan, Ketua penyelenggara kegiatan pelatihan memberikan pengarahan
  1. Happy menambahkan pelatihan olahan dengan bahan dasar daun kelor DKPP menghadirkan narasumber LPPK Rieny peserta akan memperoleh ilmu pengetahuan baik teori maupun praktek mengolah bahan dasar daun kelor untuk diolah menjadi beberapa macam produk olahan. Dari hasil produk tersebut dapat dikembangkan sehingga menjadi Aikon Kota Mojokerto,menjadi oleh-oleh khas Kota Mojokerto sebagai produk unggulan di Kelurahan Pulorejo khususnya dan Kota Mojokerto pada umumnya. .Pemerintah Kota Mojokerto melalui DKPP dengan dengan digelarnya pelatihan tersebut R. Happy berharap setelah pelatihan peserta dapat mengembangkan usahanya sehingga dapat membuka lapangan pekerjaan baru dan peserta menjadi wirausaha yang berhasil.

Menurut Sri Asih, S.Sos, MM, Kepala Bidang Ketahanan Pangan, Ketua penyelenggara kegiatan pelatihan menyampaikan laporan bahwa digelarnya pelatihan ini sebagai  hasil musyawarah rencana pembangunan (musrenbang) Kota Mojokerto tahun 2018. Maksud dan tujuan pelatihan diikuti 20 orang dari Kelurahan Pulorejo ini agar masyarakat mempunyai pengetahuan dan ketrampuilan dalam proses pengolahan daun kelor serta untuk menumbuhkan jiwa wirausaha yang kreatif dan inovatif.

peserta praktek olahan dengan bahan dasar daun kelor

Lebih lanjut Sri Asih  pelatihan berlangsung 2 (dua) hari mulai hari Rabu tanggal 20 Maret sampai dengan hari Kamis tanggal 21 Maret 2019 didampingi instruktur Lembaga Pendidikan dan Pelatihan Kerja (LPPK)  “ Rieny “ dari Kabupaten Kediri peserta mendapatkan teori dan praktek 10 macam Olahan dengan bahan dasar daun kelor diantaranya krupuk daun kelor, bakpia pathuk kelor, permen tape kelor, pokis ayu kelor, sempol kelor, permen suke, sempol kelor, rollade ayam, pasta kelor, tepung kelor dan permen suke bahannya salah satunya dari tepung kelor.

Sri Asih berharap sesuai Undang-undang Nomor 18 tahun 2012 tentang pangan, untuk pengembangan produksi olahan sekaligus memudahkan DKPP untuk melaksanakan pembinaan dan  monitoring serta mengevaluasi perkembangan,  pasca pelatihan peserta segera membentuk kelompok lengkap dengan susunan pengurusnya.(yuk).

 

 

 

Print Friendly, PDF & Email