Ruby Hartoyo, S.Sos, MM Plt.Ka.Bappeko saat ikuti skreening-an

MOJOKERTO-GEMA MEDIA: Aparatur Sipil Negara (ASN) di jajaran secretariat Daerah Kota Mojokerto mengikuti skreening TBC yang dilaksanakan oleh Dinas Kesehatan Kota Mojokerto. Skreening kali ini bersamaan dengan pelaksanaan upacara di halaman Pemkot Mojokerto dalam rangka memperingati Hari Damkar , hari Sat Linmas  dan Hari Sat Pol PP, senin 18/3/2019.

Dra. Christiana Indah, W.W , Apt, M.si Kepala Dinas Kesehatan Kota Mojokerto menuturkan, peringatan TB Day  atau hari TBC sedunia jatuh pada tanggal 24 Maret 2019.  Untuk Kota Mojokerto memanfaatakan peluang bertemu dengan seluruh ASN pada saat upacara kali ini.  Untuk itu sebelum atau sesudah upacara para ASN secara bergantian bisa menghubungi petugas  screening untuk dilakukan pemeriksaan.

usai upacara ASN Kota Mojokerto mengikuti proses skreening TBC-an

Tujuan dari Skreening itu sendiri menurut Indah, adalah untuk menemukan sedini mungkin kasus TBC, sekaligus mengobati sesuai standart  supaya tidak menjadi sumber penularan di sekitarnya. Penyakit TBC adalah penyakit menular yang disebabkan oleh Bacteria Micobacterium Tuberkulose.  “Temukan Obati Sampai Sembuh -TOSS”  katanya.  Peringatan tahun ini dengan tema “Saatnya Indonesia Bebas TBC Bebas TBC dimulai dari Saya”.

Dengan screening ini tentu akan diketahui sejak dini kondisi ASN melalui wawancara yang dilakukan oleh petugas.  Ciri-ciri atau tanda-tanda penderita TBC antara lain,Batuk dengan dahak yang banyak. Batuk merupakan ciri-ciri penyakit TBC yang umum terjadi pada penderita, dimana batuk yang disertai dengan dahak selama 3 minggu lebih. Selain itu mengalami nyeri pada bagian dada apabila bernafas. Hilangnya nafsu makan dan berat badan menurun.

TBC adalah penyakit yang menular melalui udara saat penderita TBC bersin atau batuk. Risiko infeksi bisa dikurangi dengan membuat sistem sirkulasi udara atau ventilasi yang bagus di rumah. Bakteri TBC dapat mengendap lebih lama dalam rumah apabila sistem ventilasi tidak bagus. Berikan juga pencahayaan yang cukup bagi rumah. Sinar UV dari matahari mampu membunuh bakteri TBC.

Dari hasil screening ASN kali ini, ada beberapa ASN yang harus diperiksa dahaknya karena batuk lebih dari 3 minggu belum kunjung sembuh didukung pula gejala lainnya.  Jika hasil pemeriksaan dinyatakan positif, maka tentu mendapat perhatian dan pengobatan sampai sembuh.”TBC bisa sembuh asal mau berobat secara istiqomah,minum obat secara terus menerus tidak terputus sampai 6 bulan sesuai anjura  dokter” kata dr. Hesty saat mendampingi skreening ASN. (an)

Print Friendly, PDF & Email