Komisioner KPU sedang memberikan sambutan-foto an

MOJOKERTO-GEMA MEDIA : Bagi pemilih yang sudah terdaftar pada Daftar Pemilih Tetap (DPT) dapat melakukan pindah milih pada Dapil manapun di seluruh Indonesia. Namun konsekwensinya, pemilih tersebut dapat kehilangan hak suaranya  atau berkurang hak suaranya, apabila pindah  milihnya diluar Dapil asal DPT. Contohnya, Pemilih yang sudah terdaftar di Provinsi Sumatera, karena bekerja di Kota Mojokerto, berencana saat pemilu nanti akan menggunakan hak suaranya di Kota Mojokerto.  maka untuk melakukan pindah milih harus mengurus (A5) yaitu surat pindah milih. Oleh karena itu pemilih tersebut pada hari coblosan nanti hanya mempunyai hak suara untuk memilih Presiden dan Wakil Presiden.

Contoh lain, warga yang sudah terdaftar di Dapil 1 Kecamatan Magersari, paska DPT ditetapkan Ia pindah KTP ke Dapil 2 Kecamatan Prajuritkulon karena sudah mempunyai rumah disana.  Maka jika pindah milih ke Prajuritkulon, maka orang tersebut hanya mendapatkan 4 surat suara. “ Dia kelihangan hak suara di Dapil 1 Magersari”.  Demikian antara lain dikatakan oleh R. Donny Yananto, SH ketua PPK Magersari saat Rapat Pleno Terbuka Rekapitulasi Daftar Pemilih Tambahan (DPTb) tingkat Kecamatan Magersari dalam rangka Pemilu tahun 2019.

partai politik peserta rapat pleno-foto an

Rapat pleno yang berlangsung di Kecamatan Magersari pada Jumat, 15/2/2019, dihadiri oleh partai politik, PPS se-Kecamatan Magersari, Muspika Kecamatan Magersari dan komisioner KPU.

Berdasarkan hasil rekap yang tercantum dalam berita acara disampaikan oleh Irene Wijayanti anggota PPK Magersari bahwa jumlah Daftar Pemilih Tambahan (DPTb) masuk untuk Kecamatan Magersari pemilih yang mengurus dari daerah asal sebanyak 50 pemilih, terdiri dari pemilih laki-laki 20 pemilih dan perempuan 30 pemilih menyebar di 6 Kelurahan dan 20 TPS.  Sedangkan pemilih yang mengurus A5 di daerah tujuan (DPTb keluar)  sebanyak 72 pemilih terdiri dari 53 pemilih laki-laki dan 19 pemilih perempuan menyebar di 55 TPS dan 6 Kelurahan.

komisioner PPK dari kiri : Triono, Rokhim, Dony, Slamet dan Iren-foto an

Sementara itu Komisioner KPU Kota Mojokerto Triwidya Kartika Sari menambahkan, berdasarkan peraturan KPU RI Nomor: 227/PL.02.1-Kpt/01/KPU/I/2019 tentang petunjuk teknis penyusunan DPK,DPTb dan perbaikan DPT dalam penyelenggaraan Pemilu 2019,bahwa  DPT yang ditetapkan oleh KPU RI tanggal 15 Desember 2018 lalu tidak akan berubah, hanya saja kalau ada perubahan akan dilakukan penandaan-penandaan.  Untuk Kecamatan Magersari DPT yang sudah ditetapkan sebanyak sebanyak 42 ribu 402 pemilih, menyebar di 6 Kelurahan 180 TPS.(an)

 

Print Friendly, PDF & Email