MOJOKERTO – (GEMA MEDIA) – Pemilu 2019 yang digelar 62 hari lagi, tingkat kerawanan atas keamanan lingkungan semakin menyentuh titik tertinggi. Guna mengantisipasi terjadinya gangguan keamanan, Polres Mojokerto Kota terus melakukan langkah-langkah persuasif.

Diantaranya, mengadakan Focus Group Discussion (FGD) bersama masyarakat. FGD optimalisasi peran serta masyarakat guna menciptakan situasi kamtibmas yang kondusif jelang pelaksanaan pilpres dan pileg 2019, digelar di balai pertemuan Girli, Lingkungan Mentikan, Kota Mojokerto, Kamis (14/2/2019).

Kegiatan ini dipimpin oleh Kasat Binmas AKP Sariyanto, SH, MH, mewakili Kapolres Mojokerto Kota, dihadiri sekitar 80 warga di Lingkungan Kelurahan Mentikan dan Lurah Mentikan. Dalam sambutan Kapolres yang disampaikan oleh Kasat Binmas, menghimbau pentingnya peran serta masyarakat untuk menciptakan kamtibmas yang kondusif.

Peserta FGD di Lingkungan Kelurahan Mentikan, Kota Mojokerto

“Biasanya, setiap menjelang pemilu baik pilkada maupun pilpres dan pileg, situasi cenderung tidak kondusif. Muncul banyak berita hoax, tidak saling sapa dengan tetangga karena beda pilihan dan lain-lain,” ungkap Kasat Binmas.

Masih lanjut Sariyanto, kondisi seperti ini yang menjadi situasi menjadi rawan dan jika tidak diantisipasi maka akan menimbulkan masalah keamanan. Untuk itu, Polres Mojokerto Kota menginisiasi kegiatan forum diskusi dengan masyarakat.

“Kita berharap dengan adanya forum-forum diskusi seperti ini, bisa menjadi sarana komunikasi yang baik. Jika ada masalah, bisa diselesaikan dengan musyawarah dan terkait dengan pemilu, forum ini bisa menjadi wadah pemahaman berpolitik yang baik,” tambahnya.

Masyarakat yang hadir dalam kegiatan tersebut, mengikuti dengan sangat antusias. Hal ini menunjukkan bahwa masyarakat sedikit banyak mengerti pentingnya forum diskusi dan peran serta dalam menciptakan kamtibmas yang kondusif.

“Kami yakin, jika masyarakat memahami bagaimana berpolitik yang baik maka secara otomatis akan ikut berperan serta mengawal lingkungan sosial terdekatnya guna bersama-sama menciptakan kamtibmas yang kondusif,” pungkas Sariyanto.

Acara dilanjutkan dengan tanya jawab dan Satbinmas Polres Mojokerto Kota juga membagikan doorprize bagi warga yang bisa menjawab pertanyaan seputar pemilu dan lingkungan sekitar. (Ron/Vie)

Print Friendly, PDF & Email