warga Miji dilatih bu lurah Mocopatan-foto self

MOJOKERTO-GEMA MEDIA :Ketua Tim Penggerak PKK (Bu Lurah) Kelurahan Miji Kecamatan Kranggan Kota Mojokerto Latifah Kartikawati, S.Pd, bertekad mengajak warganya untuk melaksanakan kegiatan Mocopatan, khususnya ibu-ibu perwakilan dari masing-masing RT sebanyak dua (2) orang.

Menurut  Latifah (panggilan Bu Lurah), Mocopat adalah tembang atau puisi tradisional jawa, yang keberadaannya muncul pada akhir Mojopahit dan dimulainya pengaruh Walisongo sebelum datangnya Islam yang saat ini keberadaannya cenderung ditinggalkan khususnya oleh kalangan remaja. Sebagai orang Jawa/Indonesia mempunyai kewajiban untuk menjaga dan melestarikan budaya yang ada jangan sampai diambil oleh bangsa lain. “Indonesia kaya akan budaya untuk itu mari kita jaga dan kita lestarikan”. katanya

Ketua TP-PKK Kelurahan Miji (Bu Lurah), saat ngajak warganya belajar Mocopatan-foto self

Latifah mengatakan tujuan dilaksanakan kegiatan Mocopat ini selain merupakan salah satu program kerja PKK Kelurahan Miji khususnya dalam Pokja II (Pendidikan) juga untuk menumbuhkembangkan kembali budaya Jawa dalam kehidupan sehari-hari. Dalam Mocopat terkandung pitutur leluhur dari para leluhur jawa terutama tentang falsafah kehidupan orang jawa, contoh : pola pikir yang nerimo, pasrah, ikhlas, syukur, nampi pepistine gusti (menerima takdir illahi) yang diwujudkan dalam tembang Mocopat.

Kegiatan dilaksanakan Sabtu (9/2/2019) di Rumah Pintar Kedungkwali Gang 7 Kelurahan Miji Kecamatan Kranggan Kota Mojokerto, dan kegiatan ini akan dilaksanakan rutin setiap minggu dengan Instruktur Ketua Tim Penggerak PKK Kelurahan Miji Latifah Kartikawati, S.Pd (Bu. Lurah) Miji. (Sef/an).

Print Friendly, PDF & Email