tengah : Ruby dan Rachmi saat Musrenbang-foto jen

MOJOKERTO – (GEMA MEDIA) – Rachmi Widjajati, S.Sos.MM  Camat Kranggan menyampaikan, Musrenbang merupakan upaya untuk menyusun perencanaan melalui penjaringan aspirasi dari masyarakat, dalam menentukan  skala prioritas yang menjadi permasalahan. Diawali melalui rembuk warga yang sebelumnya sudah di adakan oleh masing masing kelurahan.

Hal itu diucapkan oleh Rachmi sapaan akrabnya, dalam sambutan Musrenbang tingkat kecamatan di aula kantor Kecamatan Kranggan, Jalan Panglima Sudirman, No.40, Kota Mojokerto, Jawa Timur. Selasa (12/02/2019). Musrenbang yang di hadiri oleh PLT Kepala Badan Perencanaan Kota (Bapeko) Kota Mojokerto, Lurah di wilayah Kecamatan Kranggan, dan perwakilan Satuan Kerja Pemerintah Daerah Kota Mojokerto.

dari kiri : Ruby dab Rachmi-foto jen

Rachmi menambahkan, ada berbagai macam usulan yang sudah di finishkan sebelum usulan – usulan itu nanti kita bawa ke Musrenbang tingkat Kota bulan Maret mendatang. Dari Enam kelurahan sudah dilakukan rekapitulasi, dari bidang infrastruktur ada 82 usulan, ekonomi ada 24 usulan, dan bidang sosial budaya ada 22 usulan dari kesemua usulan itu ada 128 usulan. Yang mana usulan usulan itu nanti di tentukan prioritas yang akan di lakukan Bapeko dan OPD yang sesuai tupoksinya.

“Memang semua usulan itu kita tampung yang mana nanti itu akan di jelaskan oleh OPD yang bersangkutan, mana-mana yang bisa di dahulukan (prioritas), karena tidak kesemua usulan itu di setujui oleh pemerintah daerah, tetapi usulan itu merupakan kebijakan atau program pemerintah Provinsi,” imbuhnya. Hal senada disampaikan oleh Ruby Hartoyos, S.Sos, MM, selaku PLT Bapeko Kota Mojokerto. Kegiatan ini  sudah menjadi program pemerintah Kota Mojokerto, Musrenbang ini merupakan kegiatan tahunan dalam rangka mempersiapkan Rencana Kerja (Renja) maupun RKPD.

Peserta Musrenbang kecamatan Kranggan-foto jen

“Ditahun ini memang ada dua kegiatan besar, di Bapeko sendiri Mempersiapkan RPJMD 5 tahunan dan mempersiap RKPD dalam mempersiapkan rencana kerja di masing masing OPD,” ungkapnya. Dari beberapa Musrenbang yang kita tampung itu nanti akan dijadikan satu dengan program pemerintah Kota Mojokerto. Yang nantinya akan diaplikasikan dengan pembangunan Kota Mojokerto sesuai dengan keinginan Pemerintah Kota untuk membangun Infrastruktur yang lebih baik di wilayah Kota Mojokerto,pungkasnya.(jen/an)

Print Friendly, PDF & Email