Pemotongan tumpeng oleh ketua RW diserahkan kepada ketua KPP yang baru-foto an

MOJOKERTO-GENM MEDIA : Pembangunan Sanitasi Masyarakat  (Sanmas) dalam bentuk Ipal Komunal di RW,02 Lingkungan Balongcok telah selesai.  Penggunaan secara resmi telah dilaksanakan pada sabtu, 9/2/2019.  Peresmian dibarengi dengan tasyakuran berlangsung diatas bangunan ipal tepatnya d jl. Balongcok gg. Sawah kelurahan Balongsari Kecamatan Magersasri.

Ketua KSM “Maju Abadi” Eko Subandi menuturkan, jumlah pengguna sebanyak 55 kk, menyebar di  RT.01/RW.02 dan RT/03/RW.01 Lingkungan Balongcok.  Selanjutnya pengelolaan dan pemeliharaan paska kontruksi menjadi tanggungjawab pengurus baru yaitu Kelompok Pengguna dan pemelihara (KPP).

Lurah Balongsari (batik coklat) bersama warga sedang selfi depan sayur idroponik-foto an

“saya titip agar sarana sanitasi ini dijaga dengan baik, program pengembangan seperti vertikal garden, hidrophnic dirawat, sehinng bisa berkelanjutan lingkungan kita tetap hijau dan bersih” kata Eko.   Peresmian dibarengi dengan tasyakuran, diikuti oleh warga setempat utamanya pengguna fasilitas sanitasi  ini.  Hadir pada kesempatan tersebut Ketua RW,02 Lingkungan Balongcok dan Lurah Balongsari serta pengurus KSM “Maju Abadi”.

Joko Sugiantoro, ketua RW.02 Lingkungan Balongcok meresmikan secara simbolis dengan memotong tumpeng diserahkan kepada ketua KPP yang baru Yaitu Mokhamad Sahid. Dengan adanya ipal ini tentu merupakan hal yang sangat baik.  Dari segi kesehatan lingkungan , sumber air kita semakin baik kualitasnya.  Sebelumnya jarak septitank milik warga tidak sampai 10 meter, sehingga kurang standartdari segi anitasi.

makan bersama warga dalam tasyakuran ipal komunal di Balongcok-foto an

“Saat ini Ipal sudah disentral ke induk,tidak ada lagi septitank di rumah, yang penting pengguna tetap konsisten untuk menjaga kebersihan lingkungannya. Menyiram yang banyak saat Buang Air Besar (BAB).

Sementara itu Lurah Balongsari Kusuma Widada, SH menyampaikan, bahwa lingkungan Balongcok RW.02 ada pekerjaan prioritas yang belum direalisasi yaitu perbaikan saluran dan paving jalan. Semoga tahun 2020 bisa terealisasi, sebab tahun ini sudah masuk di usulan Musrenbang dan menjadi skala prioritas tingkat Kecamatan, semoga sampai  tingkat Kota menjadi skala prioritas dan dapat ditetapkan sebagai dokumen untuk pekerjaan tahun 2020. (an)

 

 

Print Friendly, PDF & Email