Walikota bersama kepala OPD tinjau prokasih-foto jen

MOJOKERTO – (GEMA MEDIA) – Program Kali Bersih (Prokasih) yang sudah dilakukan oleh pemerintah Kota Mojokerto. Merupakan terobosan baru yang diluncurkan oleh pemerintah Kota Mojokerto untuk menanggulangi berbagai macam bencana yang sedang menghantui akhir – akhir ini. Keunggulan dari Prokasih yang hari ini di lounching oleh Walikota Mojokerto Hj Ika Puspitasari bertujuan untuk normalisasi fungsi sungai, biar tidak menjadi sumber bencana terutama banjir.

Dalam program ini pemerintah Kota Mojokerto bekerja sama dengan stick holder yang ada di Kota Mojokerto, TNI, POLRI, instansi terkait, karang taruna, pramuka dan organisasi masyarakat lainnya untuk bersama sama menjaga kebersihan terutama kali yang ada di Kota Mojokerto.

Sambutan walikota saat PSN-foto jen

Hal itu disampaikan oleh Ning Ita sapaan akrabnya dalam acara Pemberantasan Sarang Nyamuk (PSN) 60 menit terintegritasi di Perumahan The Suam Lingkungan Randegan, Kelurahan Kedundung, Kecamatan Magersari, Kota Mojokerto, Jawa Timur. Jum’at (08/02/2019).

“Mengingat letak geografis dari Kota Mojokerto dikelilingi sungai, dan potensi untuk terjadi bencana Banjir itu sangat besar, kalau kita tidak secepatnya menormalisasi kali – kali yang ada di Kota Mojokerto ancaman bencana itu tidak bisa kita hindari,” kata Ning Ita.

Ada empat  masih ning Ita, Kali besar yang mengelilingi Kota Mojokerto, antara lain Kali Kothok, Kali Brantas, Kali Brangkal, dan Kali Sadar. Dari keempat kali besar itu kita harus bisa secepatnya untuk di bersihkan dari tumpukan sampah,sebab dari tumpukan sampah itu merupakan sumber dari berbagai macam penyakit.

Walikota bersama anggota PUPR-foto jen

Dengan Prokasih ini, kita bisa memanfaatkan kali tersebut sebagai pariwisata, pengairan sawah, dan sebagainya. Rencana kedepan pemerintah Kota Mojokerto akan membangun tempat wisata di pinggir – pinggir kali tersebut. Sehingga warga Kota Mojokerto bisa hidup sehat, bersih, dan bisa berwisata juga dengan keluarga, imbuhnya.

” Ini tadi saya tinjau langsung prokasih yang dilakukan oleh warga bersama – sama TNI membersihkan kali yang ada di sepanjang Jalan Mpunala Kota Mojokerto,” pungkasnya. (Jen/an)

Print Friendly, PDF & Email