Sekjen Kemkominfo bersama Narasumber-foto an

MOJOKERTO-GEMA MEDIA:  Anggota Kelompok Informasi Masyarakat (KIM) perwakilan Kab/Kota se-Jawa Timur mengkuti Bimbingan teknis Pemberdayaan KIM. Bimtek yang diselenggarakan oleh Kementerian Komunikasi dan Informatika RI bekerjasama dengan Dinas Komunikasi dan Informatikan Provinsi Jawa Timur berlangsung di Hotel Santika Premiere, kamis 7/2/2019.

Bimtek dengan tema “Penguasaan Teknik Penulisan dan Pemanfaatan Media Sosial” dibuka oleh Sekjen Kementerian Kominfo RI Rosarita Niken Widyastuti sekaligus selaku Plt. Dirjen Informasi Komunikasi Publik. Selain anggota KIM, Bimtek kali ini juga diikuti oleh Pembina KIM dari Dinas Kominfo Kab/Kota se-Jawa Timur.

Dalam sambutannya Sekjen menyampaikan, kegiatan ini merupakan strategi komunikasi yang efektif dalam kehidupan bermasyarakat dan bernegara.  Tidak dipungkiri penggunaan media social lebih mendominansi ketimbang media menstrims milik pemerintah. Media social setiap saat menerima informasi yang tidak mampu dibendung dan tanpa disortir.  Oleh karena itu peran KIM harus mampu menyeleksi, memilih dan memilah informasi yang benar untuk dapat disebarkan melalui kelompoknya.

Dicontohkan, Media Memstrim milik pemerintah yang dimaksud antara lain, Radio, Televisi dan ko ran/majalah. Informasi menjadi kebutuhan utama, KIM yang terbentuk secara nasional diharapkan mampu memberikan kontribusi informasi yang sehat bagi masyarakat dan pemerintah.

Sementara itu Dirjen Tata Kelola dan Kemitraan  Komunikasi Publik Selamatta Sembiring, dalam laporannya menyampaikan agar anggota KIM dapat meningkatkan kemampuannya dalam mengakses,  mengolah dan mengimplementasikan di masyarakat.  KIM mampu membangun jejaring dalam desiminasi informasi. KIM lebih profesional dalam menjaring aspirasi masyarakat untuk disampaikan kepada pemerintah.

Narasumber, KIM dan penyelenggara foto bersama-foto an

Disampaikan pula oleh Sembiring bahwa jumlah KIM di Indonesia sebanyak 1500 lembaga, dan 319 diantaranya di Jawa Timur dan merupakan jumlah terbanyak dari provinsi lain di Indonesia.

Materi yang disampaikan pada tatap muka kali ini antara lain  Pemanfaatan media social oleh Andi Muslim Kasi Kemitraan Komunikasi Media, Kominfo.  Teknik Penulisan oleh Persatuan Wartawan Indonesia (PWI), Sharing aktivitas pembinaan KIM oleh Danu dari Diskominfo Provinsi Jawa Timur, Pengetahuan dasar tentang Kelompok Informasi  Masyarakat oleh Gun gun Siswadi Staf Ahli dari Kemenkominfo bidang Komunikasi dan Media Massa serta materi tentang Potensi Penggunaan Dana Desa untuk Pemberdayaan KIM oleh Mukjizat Dirjen Perencanaan Anggaran Daerah, Kementerian Dalam Negeri. Bimtek dilanjutkan teori dan praktek. (an)

Print Friendly, PDF & Email