Kepala Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian meninjau pameran ikan

Ikan Gabus merupakan salah satu jenis ikan yang hidup di perairan air tawar dan banyak ditemukan di perairan danau, rawa, sungai ataupun sawah. Ikan dengan nama ilmiah Channa Striata ini memiliki ukuran yang cukup besar, tubuhnya gilig memanjang, bagian atas tubuhnya memiliki warna hitam kecoklatan atau kehijauan, bagian bawah tubuh berwarna putih serta bagian samping ikan terdapat corak yang agak kabur. Makanan ikan ini adalah berbagai ikan kecil dan hewan air lainnya, serta serangga. Ikan Gabus diketahui kaya akan kandungan gizi diantaranya Albumin yaitu salah satu jenis protein penting yang diperlukan tubuh terutama untuk membantu penyembuhan luka dan masih banyak lainnya. Karena kandungan gizi yang dimiliki oleh ikan gabus ini, banyak orang yang mulai melakukan budidaya. Budidaya ikan gabus ini dapat dilakukan di kolam terpal, kolam beton, ataupun yang lainnya.

Demikian Drs. Supriyanto Kabid Pertanian dan Peternakan Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian Kota Mojokerto mengawali sambutannya dalam acara Pembukaan Pameran Ikan yang diselenggarakan oleh MAF (Mojokerto Aquatic Festival) di Halaman DKPP, Sabtu dan Minggu. Supriyanto berharap kegiatan seperti ini hendaknya diselenggarakan tiap tahun, agar masyarakat dapat lebih mengetahui jenis-jenis ikan yang ada di Mojokerto, untuk komunitas ikan ini hendaknya dapat memperluas anggotanya agar jika ada event-event seperti ini lebih semarak dan dapat berkembang untuk melestarikan keberadaan ikan air tawar. Dengan digelarnya pameran ikan ini akan dapat mengenalkan kepada masyarakat. Kegiatan Pameran Ikan kali ini merupakan kegiatan yang kedua (2) kalinya setelah yang pertama di gelar di Sunrise.

Drs. Supriyanto Kabid Pertanian dan Peternakan Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian Kota Mojokerto memberikan sambutan

Menurut Fuad Ketua Pelaksana tujuan dilaksanakan Pameran untuk Edukasi dan Pengamatan Jenis Ikan kepada masyarakat yang ada di Kota Mojokerto, jenis ikan yang dipamerkan lebih dari 100 (seratus) jenis, dan untuk jenis channa maruliadus (ikan gabus) dan ikan paloma akan dilombakan. Adapun kriteria lomba untuk ikan channa striata meliputi : proporsi tumbuh, warnanya dan mentalnya/kecakapan serta kesan, sedangkan untuk ikan paloma kriteria meliputi : kelengkapan tubuh, kesehatan dan kecacatan sirip. Dari masing-masing jenis diambil juara 1 s/d 3 dengan mendapatkan hadiah berupa tropi, sertifikat dan uang pembinaan. (Sef/yuk)

Print Friendly, PDF & Email