Kepala Bakesbangpol (kiri) saat Rakoor-foto ron

MOJOKERTO – (GEMA MEDIA) –  Menjelang pemilu yang tinggal hitungan hari di tahun 2019 ini, tingkat kerawanan konflik sosial menjadi prioritas untuk disikapi dan diantisipasi sedini mungkin. Salah satu upaya pencegahan muncul konflik sosial tersebut yakni dengan memberikan ruang bagi masyarakat, untuk bisa berperan serta dalam ikut mendukung terciptanya kamtibmas yang kondusif.

peserta rakoor-foto ron

Dengan latar belakang itu, Badan Kesatuan, Kebangsaan dan Politik (Bakesbangpol) Kota Mojokerto, menggelar rapat koordinasi penanganan konflik sosial dalam rangka persiapan pelaksanaan Pilpres dan Pileg 2019, yang dilaksanakan di Convention Hall Hotel Raden Wijaya, Jalan Raden Wijaya, Kota Mojokerto, Jawa Timur, (28-30/1/2019).Acara yang diselenggarakan tiga hari berturut-turut ini diikuti sekitar 385 undangan dari setiap kecamatan, terdiri dari ketua RT, Ketua RW, Babinsa, Babinkamtibmas, serta tokoh masyarakat. Hadir juga dalam acara tersebut sekaligus membuka berjalannya rakor, Walikota Mojokerto Ika Puspitasari, SE dan dua narasumber.

Dalam sambutannya, Kepala Bakesbangpol Kota Mojokerto, Anang Fahruroji, S.Sos,MM menyampaikan bahwa kegiatan ini sangat perlu dilaksanakan, dimana penanganan konflik sosial harus kita ciptakan sedini mungkin untuk mencegah hal-hal yang tidak kita inginkan bersama. “Seluruh masyarakat Kota Mojokerto mempunyai tanggungjawab dalam menciptakan deteksi dini untuk mencegah terjadinya konflik sosial,” katanya.

Masih kata Anang, hal ini sangat perlu dilaksanakan untuk menyamakan persepsi menjelang pelaksanaan Pilpres dan Pileg 2019, agar nantinya terlaksana dengan baik, sukses, aman dan damai.

Rakor penanganan konflik sosial ini akan dipimpin oleh dua narasumber, dari Kejaksaan Negeri Kota Mojokerto serta pakar politik dan komunikasi dari Unair Surabaya. “Kehadiran dua narasumber ini diharapkan untuk bisa memberikan ilmu, referensi dan wacana terkait dengan penanganan konflik sosial menjelang pilpres dan pileg,” pungkasnya. (Ron/ri)

Print Friendly, PDF & Email