ketua Baznas Kota Mojokerto menyerahkan bantuan kepada warga yang rumahnya ambruk akibat angin kencang-foto jen

MOJOKERTO –  (GEMA MEDIA) – Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Kota Mojokerto memberikan bantuan perbaikan rumah masyarakat miskin (maskin) di Kelurahan Gedongan,Kecamatan Magersari, Kota Mojokerto, Jawa Timur, yang rusak akibat angin kencang sepekan yang lalu.  Rumah milik bapak Khumaidi warga Kelurahan Gedongan tersebut sudah berdiri sejak 50 tahun dan belum pernah mengalami renovasi..

Akibat angin kencang  atap rumah Khumaidi ambruk, “saat kejadian anak saya berada dikamar sedang tiduran, saat itu dia libur sekolah, sedangkan ibunya berada diluar rumah dan saya sendiri juga bekerja” ungkapnya.

Ketua Baznas Kota Mojokerto Drs. KH. Ma’shum Maulani, M.Pd.I  mengatakan, bahwa pemberian bantuan perbaikan rumah ini dilakukan sebagai salah satu bentuk kepedulian dan perhatian kepada masyarakat kurang mampu yang sedang terkena musibah. “Rumah mereka rusak dan roboh terkena bencana. Untuk meringankan beban biaya pembangunan kembali rumahnya, kami memberikan bantuan yang besarnya sesuai dengan tingkat kerusakan. Jadi sifatnya hanya membantu biaya untuk memperbaiki, ” katanya, Jum’at (09/01/2019).

Dalam menentukan layak dan tidaknya serta besaran bantuan yang akan diberikan, pihaknya terlebih dahulu melakukan survey lokasi. Dari survey tersebut tim akan melihat kondisi rumah dan ekonomi pemilik rumah. Serta lingkungan sekitar rumah tersebut.

“Jika di sekitar rumah tersebut adalah orang-orang kaya, tentunya salah kalau kita membantu penuh. Jadi harus ada kerja sama dan komitmen bersama dari tetangganya yang mampu untuk membantu rumah yang roboh tersebut,”  jelasnya.

kondisi rumah khumaidi dikunjungi Baznas dan rombongan-foto jen

Menurut Ma’shum, bantuan untuk memperbaiki rumah maskin ini sejalan dengan visi dari zakat itu sendiri dalam memberantas kemiskinan. “Setidaknya dengan bantuan ini, mereka bisa memperbaiki rumahnya secara layak. Sehingga nantinya bisa memberikan rasa nyaman dan menjamin kesehatan penghuninya. Dengan harapan mampu meningkatkan derajat kesehatan masyarakat,” paparnya.

Wuliyono, SE, M.Si, dari BAZNAS Kota Mojokerto menambahkan besaran sumbangan yang di berikan ini merupakan bentuk kepedulian warga Kota Mojokerto, yang memeberi kepercayaan kepada BAZNAS untuk menyalurkannya. Turut hadir juga dalam pemberian sumbangan lurah, ketua LPM, staf BAZNAS serta warga sekitar rumah korban.(jen)

Print Friendly, PDF & Email