. Sekcam Magersari lakukan komunikasi dengan penderita ODGJ

MOJOKERTO – (GEMA MEDIA) – Penanganan Orang Dengan gangguan Jiwa (ODGJ) membutuhkan sinergitas semua pihak. Mulai dari keluarga dan pemerintah. Hal itu disampaikan Siswoyo, kader motivator kesehatan dari Puskesmas Gedongan, saat melakukan pendampingan ODGJ di Kelurahan Balongsari, Kecamatan Magersari, Jalan Empunala   Nomor 22, Kota Mojokerto, Jawa Timur. Selasa (22/01/2019).

Kader Motivator Kesehatan  akan terus berupaya mendata ODGJ bekerja sama dengan lembaga dan instansi terkait, termasuk dengan Dinas Sosial dan Dinas Kesehatan Kota Mojokerto. Pendataan tersebut untuk memudahkan melakukan pemetaan dan penanganan terhadap mereka,“Karena perhatian dan kasih sayang keluarga sangat diperlukan untuk mempercepat pemulihan. Selain dengan rutin mengonsumsi obat, dibutuhkan sosialisasi yang berkelanjutan terhadap pihak keluarga agar tidak mengabaikan anggota keluarganya yang menderita gangguan jiwa. Selama ini  banyak keluarga yang acuh tak acuh meskipun tidak semuanya,” katanya.

. Penderita ODGJ bernyanyi didampingi kader Motivator kesehatan

Siswoyo Puskesmas Gedongan  menjelaskan, terdapat kurang lebih 40 orang penderita ODGJ di bawah pengawasan dan pembinaan Puskesmas Gedongan.  Kalaupun ada ODGJ yang sudah lepas kendali pihaknya akan mengirimnya  ke RSJ Provinsi Jawa Timur untuk mendapatkan penanganan khusus.

Masih menurut Siswoyo , ODGJ selama ini dipandang sebelah mata karena penyakit mental yang dideritanya. Namun, dengan perawatan rutin dan perhatian keluarga, mereka berpotensi untuk sembuh kembali. “Perawatan yang paling baik itu memang di rumah dan dilakukan oleh keluarga,” katanya.

Siswoyo menambahkan  kebanyakan penderita ODGJ ini dikarenakan faktor Ekonomi, selain ada faktor-faktor lain yang menyebabkan semakin bertambahnya penderita ODGJ ini.Tidak hanya melakukan pendekatan secara emosional, kegiatan ini juga dilakukan cek kesehatan tekanan darah, komunikasi, yang membantu proses penyembuhan ODGJ.

Kegiatan dihadiri oleh perwakilan dari Dinas Kesehatan, Dinas Sosial, Sekcam Magersari, motivator Puskesmas Gedongan, dan Banbinkamtibmas, Babinsa, penderita ODGJ dan keluarga penderita ODGJ ini rutin dilakukan setiap bulannya.

Sekcam Magersari  Hadi Setijastuti, BA juga menambahkan, pelatihan ini rutin dilakukan agar  penderita ODGJ ini mudah di pantau untuk proses penyembuhan. Diharapkan  keluarga harus berperan aktif untuk terus melakukan komunikasi pemberian obat serta melaporkan perkembangnnya ke pihak kesehatan dalam hal ini motivator Puskesmas Gedongan,pungkasnya.(Jen/yuk).

Print Friendly, PDF & Email