Ketua KPU Kota Mojokerto Syaiful Amin duduk diatas kotak suara berbahan kardus, untuk memastikan kekuatannya-foto lia

MOJOKERTO-GEMA MEDIA :Tahapan Pemilu serentak tahun 2019 semakin hari semakin mendekati hari pelaksanaan. Tepatnya tanggal 17 April 2019, adalah berlangsungnya pemilu secara serentak.  Ini adalah pertama kali KPU menyelenggarakan pemilu secara bersamaan, yaitu memilih Presiden dan wakil presiden, DPR RI, DPR Provinsi, DPRD kabupaten/Kota dan DPD.  Sehingga jumlah surat suara yang harus dicoblos oleh pemilih sebanyak 5 lembar.

Dengan adanya pemilu serentak ini tentu diiringi oleh adanya regulasi baru sebagi dasar pelaksanaan tahapan KPU selaku penyelenggara.  Tidak terkecuali aturan tentang KotaK Suara. Tahun 2019 nantI kotak suara yang dipakai adalah berbahan kardus/karton kedap air.  Masyarakat awam berpikir dan meragukan akan kekuatan bahan tersebut. Hal ini sangat wajar, karena pada pemilu sebelumya kotak suara dan bilik suara dbuat dari bahan plat alminium dan dijamin kekuatannya. Namun yang akan datang ini berubah dari bahan yang beda.

ketua Bawaslu Ulil Absor berdiri diatas tumpukan bilik suara uji kekuatannya-foto lia

Ternyata hasil uji kekuatan dan ketahanan kotak tersebut tidak diragukan lagi. Hal ini terbukti saat ketua KPU dan ketua Bawaslu duduk diatas kotak tersebut tampak kokoh dan kuat serta tidak mengalami kerusakan sedikitpun karena memang didesain mampu menahan beban hingga 80 kg.

Ketua KPU Kota Mojokerto  Syaiful Amin memastikan kotak dan bilik suara disimpan dengan baik di ruangan yang tidak lembab, aman dari bocor dan aman dari rayap.

Sumber lain menyebutkan, menurut Pramono Ubaid Tanthowi komisioner KPU RI, bukan tanpa alasan pihaknya memilih “kardus” sebagai bahan pembuatan kotak suara Pemilu 2019.Undang-Undang Nomor 7 Tahun 2017 tentang Pemilu mengamanatkan kotak suara Pemilu 2019 dibuat transparan. Untuk menjalankan ketentuan itu, KPU menimbang berbagai model, bahan, spesifikasi, dan ukuran. Setelah melalui proses pertimbangan yang panjang, “kardus” atau disebut juga sebagai karton kedap air, dinilai paling cocok digunakan sebagai bahan kotak suara.(ri)

Print Friendly, PDF & Email