Majalah On line digunakan untuk mempromosikan pencapaian organisasi terorisme dan berbagai isu untuk menyebarkan ideologi terorisme. Untuk di Indonesia sendiri, beredar surat kabar dalam bentuk file PDF yaitu surat kabar Al Fatihin. Di dalam surat kabar tersebut terdapat pemberitaan tentang serangan atau aksi teror yang dilakukan di Indonesia seperti serangan di Mako Brimob, Kelapa Dua Depok dan serangan bunuh diri di Surabaya. Di dalam surat kabar tersebut terdapat seruan untuk melukai kelompok yang tidak mendukung aksi yang melakukan langkah untuk menangkal konten terorisme yaitu dengan merangkul sejumlah pengelola platform pesan instan dan media sosial yang ada di Indonesia untuk melakukan respon cepat ketika masing-masing  platform tersebut menemukan konten-konten terorisme dan radikalisme.

Kementerian Komunikasi dan Informatika memiliki mesin pencari konten negatif yang dinamakan Cyber Drone 9 yaitu sintem baru sebagai penggaanti sintem pemblokiran konten negatif yang telah ada sebelumnya yaitu trust+. Dengan tambahan kecerdasan Artificial Intelegence (AI), cara kerja mesin Cyber Drone 9 akan serba otomatis. Cyber Drone 9 akan membantu untuk menyediakan informasi situs serta akun penyebar konten negatif seperti pornografi, perjudian, penipuan, persekusi, hoaks dan ideologi radikal dalam waktu yang cepat. Dalam ruang Cyber Drone 9 terdiri dari ruang utama yaitu Security Operation Center (SOC Room) dan War Room. SOC Room adalah dapur dari segala aktifitas pemantauan dan pengendalian terhadapa konten negatif, sedangkan War Room adalah ruang rapat sekaligus untuk mengambil keputusan dimana data hasil Cyber Drone 9 akan diverifikasi ulang oleh tim secara hati-hati.

selain upaya penangkalan konten-konten negatif yang telah dilakukan pemerintah, kita sebagai masyarakat juga harus bisa menangkal konten-konten negatif supaya tidak di akses oleh anak, saudara, teman dan masyarakat sekitar kita. ketika kita atau orang lain mmenemukan konten-konten negatif di internet, kita bisa mengadukan atau mellaporkan melalui portal aduankonten.id dan @aduankonten. 

(Habib/dikutip dari majalah ISSUE SENTRAL Edisi 43, Penulis : Bagus Winarko)

Print Friendly, PDF & Email